Home / Warta Warga / BPN LUNCURKAN PENGURUSAN SERTIFIKAT TANAH GRATIS BAGI WARGA DESA SIMPANG BERINGIN

BPN LUNCURKAN PENGURUSAN SERTIFIKAT TANAH GRATIS BAGI WARGA DESA SIMPANG BERINGIN

FB_IMG_1490251993319
Poto bersama Pemerintah Desa dengan Petugas BPN

SIMPANG BERINGIN | Program pembuatan sertifikat ke desa-desa yang dinamakan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) terus digalakkan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Pelalawan. Kamis (23/3/2017), warga desa Simpang Beringin beramai-ramai mendatangi Kantor desa untuk mengajukan persyaratan dalam pembuatan sertifikat.

Sejumlah warga antusias dengan program ini. “dengan mematok sempadan, tanah saya langsung diukur oleh petugas BPN setelah itu Saya diminta memasukan data dan persyaratan yang dibutuhkan. Saya mau meningkatan hak tanah dengan persyaratannya, foto copy akte jual beli, KTP, Kartu Keluarga (KK) dan mengisi formulir. Setelah persyaratan lengkap saya tinggal menunggu sertifikat saya keluar” ujar Rizal, warga setempat.

Untuk peningkatan hak tanahnya, Rizal mengaku hanya tidak mengeluarkan uang satu sen pun “program ini benar-benar gratis. Selain melayani sertifikat, pegawai BPN juga melayani soal pertanyaan seputar pembuatan sertifikat dan lain semacamnya,” tambahnya.

FB_IMG_1490252113081
Kepala Desa Simpang Beringin meninjau secara langsung pemetaan tanah dilapangan

Petugas BPN Kabupaten Pelalawan M.Nor mengatakan, Gedung Serba Guna Desa Simpang Beringin ini dijadikan base kamp untuk program PTSL Desa untuk melayani warga selama lebih kurang tiga bulan . “Selain peminatnya banyak, gedung serba guna desa ini cukup besar, sehingga dijadikan posko program PTSL selama kurang lebih tiga bulan,” ujarnya.

Selain itu saat dijumpai pewarta (simpangberingin.desa.id) kepala Desa Simpang Beringin Taharuddin sangat mengapresiasi Program BPN tersebut pasalnya beliau mengungkapkan masih banyak warga desa Simpang Beringin yang tanah nya belum bersertifikat tentu nya dapat mengurangi persoalan tanah yang dibawa keranah hukum dan dapat dijadikan fungsi sosial “kita sangat mengapresiasi kehadiran BPN ini dengan ini tingkat sertifikasi tanah didesa kita kian meningkat sehingga mampu mengurangi persoalan tanah yang di bawa ke ranah hukum dan selain itu sertifikat tersebut dapat dimanfaatkan sebagai jaminan ke Bumdes kita ataupun perbankan untuk mendapatkan modal usaha sehingga meningkatkan perekonomian warga” tukasnya.
(*MDE)

About desasimpangberingin

Check Also

img_20161031_092407

PENTAS SATU MUHARRAM MDTA AT-TOYYIBAH

SIMPANG BERINGIN | (31/10), Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) At-toyyibah Yayasan At-Toyyibah Desa Simpang Beringin …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *